Senin, 26 Oktober 2009

PLN

PLN Petung Kekurangan 700 KW

Minggu, 25 Oktober 2009 | 22:36 WITA

PENAJAM- Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Petung masih melakukan pemadaman bergilir di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), akibat satu unit mesin diesel yang selama ini beroperasi di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Girimukti mengalami kerusakan.

Hal ini diungkapkan Kepala PLN Unit Petung, Rabiman beberapa hari lalu. Rabiman mengungkapkan, dengan kerusakan satu unit mesin diesel merek caterpillar, PLTD Girimukti saat ini kekurangan 700 kilo watt (KW). "Mesin yang rusak itu kan memiliki kapasitas 800 KW. Dengan kekurangan itu, kami melakukan pemadaman bergilir 5-1. Artinya, lima hari menyala satu hari padam," jelasnya.

Rabiman menyatakan pihaknya terus berupaya agar pemadaman bergilir ini dapat segera teratasi. Untuk saat ini masih dilakukan upaya perbaikan sehingga diharapkan dalam waktu dekat tidak lagi ada pemadaman bergilir. Rabiman mengakui, selama ini PLN sudah berupaya agar mesin diesel yang beroperasi PLTD Girimukti tidak mengalami kerusakan. "Tapi karena ada beberapa mesin yang sudah tua, sehingga terkadang tiba-tiba mengalami kerusakan," ucapnya.

Terkait upaya untuk keluar dari krisis listrik di PPU, Rabiman menyatakan PLN Wilayah Kaltim sudah melakukan upaya. Salah satunya rencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas (PLTMG). Ia berharap dukungan dari pemkab maupun masyarakat, agar proyek ini bisa segera terealisasi.

Pemadaman bergilir yang dilakukan PLN Unit Petung mendapat kecaman dari masyarakat termasuk LSM Gunakan Tenagamu Untuk Rakyat (Guntur) Penajam Paser Utara (PPU). Ketua LSM Guntur, Kasim Assegaf menyatakan PLN tidak komitmen untuk menyelesaikan krisis listrik di PPU.

"Mana janji Manager PLN Wilayah Kaltim, Ahmad Siang yang pernah mengatakan bahwa tidak terjadi lagi pemadaman bergilir di PPU. Tapi buktinya mana, sampai sekarang masih terjadi pemadaman bergilir," tegas Kasim.

Kasim menyatakan, seharusnya PLN tidak menunggu proyek PLTMG selesai. Karena untuk saat ini mestinya mereka memberikan tambahan mesin diesel di PLTD Girimukti. Dengan tambahan mesin itu, maka pemadaman tidak perlu lagi dilakukan. "Kalau nanti setelah PLTMG ini beroperasi, silahkan saja ambil lagi tambahan mesin itu. Jadi solusinya adalah PLN harus memberikan bantuan mesin minimal dua unit," ucapnya.

Tidak ada komentar:

krens